Baru-baru ini saya mengalami hal ini, semua browser tidak dapat menyimpan sesi login. Padahal saat login sudah dicheklist untuk menyimpan perangkat (agar kedepannya tidak meminta login lagi). Namun setiap menutup dan membuka browser kembali justru saya diminta login ulang. Google Email ini merupakan salah satu contoh situs yg terdampak, karena email sudah seperti menjadi kebutuhan sehari-hari. Semua situs terkena dampak, termasuk juga aplikasi Whastapp Desktop. Hal ini menjadi masalah besar buat saya karna menjadi lelah untuk terus-terus login ulang.
Dalam hal ini saya menggunakan Windows 11, dan saya juga mencari referensi disana-sini. Dari setiap referensi, saya menyimpulkan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Silahkan lakukan cara-cara berikut ini:
Cara 1. Hapus History pada Browser
Setiap browser berbeda-beda lokasi dan tombol clear history nya, silahkan reader cari referensi sesuai dengan browser yg digunakan.
Hapus keseluruhan history sehingga browser menjadi bersih seperti baru. Setelah itu silahkan login kembali dan coba tutup dan buka kembali browser untuk melihat apakah cara ini berhasil atau tidak.
Cara 2. Hapus History pada Internet Options
Pada Internet Options kita juga bisa menghapus keseluruhan dara history browser yg tersimpan di temporary windows. Jika cara 1 tidak menyelesaikan masalah reader, silahkan lakukan cara ini dengan langkah-langkah berikut:
- Tekan tombol Windows, ketikkan Internet Options
- Selanjutnya masuk ke tab General
- Pada Browsing history, klik tombol Delete
- Cheklist keseluruhan dan klik tombol Delete
- Setelah selesai, klik tombol OK, untuk keluar dari Internet Options
Saya sampai mencari masalah pada credential manager, karena disini juga disimpan semua chache dan temporary dari setiap browser dan aplikasi lainnya.
Jika saat membuka credential manager mengalami error, brarti credential mengalami masalah. Untuk lebih lanjutnya silahkan cek postingan ini Credential Manager Error 0x80090345
Jika credential manager sudah diperbaiki, seharusnya masalah email minta login ulang terus-menerus sudah dapat diselesaikan. Jika sampai disini pun masalah reader belum teratasi, saya sarankan untuk melakukan Restore Point windows ke tanggal terakhir sebelum masalah ini terjadi. Adapun tahapan restore point dapat reader cari referensi untuk melakukannya.
Semoga bermanfaat buat reader sekalian.
Post a Comment
let me see your comments . . .